bendera baru selandiaAuckland, LiputanIslam.com — Warga Selandia Baru memilih bendera warna hitam-biru dengan gambar daun pakis perak dan bintang merah sebagai favorit pemenang sayembara pemilihan bendera baru negara itu. Pemenang kedua memiliki bentuk yang sama hanya warga hitam diganti dengan warna merah.

Demikian seperti dilaporkan BBC News, Jumat petang (11/12). Pemenang sebenarnya dari sayembara ini akan ditentukan Selasa (15/12) setelah suara dari luar negeri dihitung. Adapun penentuan bendera baru masih harus dilakukan dengan referendum yang akan digelar bulan Maret mendatang.

Sekitar 48% dari warga Selandia Baru yang memiliki hak suara terlibat dalam sayembara ini. Namun sebagian warga menolak sayamebara karena dianggap sebagai pemborosan dan waktunya tidak tepat.

Pemenang pertama dan kedua dalam sayembara ini adalah bendera yang dirancang oleh Kyle Lockwood, seorang artisek.

Pemenang ketiga sementara adalah bendera Red Peak yang dirancang oleh Aaron Dustin, berbentuk piramida tumpuk warga putih dah merah yang diblok dengan warga hitam dan biru di sisi kiri dan kanannya. Bendera ini didukung oleh para aktifis sosial media.

Keputusan untuk mengganti bendera nasional Selandia Baru didukung oleh Perdana Menteri John Key, yang menganggap bendera lama terlalu mirip dengan bendera Australia, dan menampung bendera Inggris Union Jack yang merupakan simbol kolonialisme.

Ia menyebut referendum itu sebagai ‘didukung rakyat’.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL