Washington, LiputanIslam.com—Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memuji kesuksesan serangkaian uji coba sistem misil pertahanan Israel, Arrow-3, di AS. Ia pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Washington di Twitter.

“Arrow-3 mencegat rudal balistik di luar atmosfer pada ketinggian dan kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya,” tulis Netanyahu.

Uji coba yang dilakukan di US Pacific Spaceport Complex-Alaska (PSCA), Kodiak, ini berhasil mencegat rudal balistik jarak jauh sebanyak tiga kali.

Ini adalah uji senjata Israel pertama yang dilakukan di luar negara mereka sendiri.

Arrow-3 didanai, dikembangkan, dan diproduksi bersama oleh Aerospace Industries Israel dan perusahaan maskapai AS, Boeing. Senjata ini mampu mencegat rudal balistik antarbenua. Jarak operasionalnya dilaporkan mencapai 2.400 km.

Kesuksesan uji coba Arrow-3 juga mendapat pujian dari para pejabat AS. “Tes yang sukses ini menandai tonggak utama dalam pengembangan Arrow Weapon System,” kata kepala Badan Pertahanan Rudal Pentagon, Jon Hill, kepada wartawan.

Hill kemudian menegaskan komitmen Washington untuk “membantu Pemerintah Israel dalam meningkatkan kemampuan pertahanan rudal nasionalnya untuk mempertahankan Negara Israel dari ancaman yang muncul.” (ra/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*