firefireTel Aviv, LiputanIslam.com—Pejabat Arab di parlemen Israel (Knesset) mengatakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berusaha menyalahkan “tindak terorisme” sebagai penyebab kebakaran liar pada Selasa lalu untuk menutupi kesalahannya sendiri.

Kebakaran liar yang sejak hari Minggu lalu sudah diamankan itu diklaim oleh pejabat Israel disebabkan oleh orang Arab atau Palestina.

Netanyahu bersumpah akan memberikan hukuman setimpal kepada mereka yang bertanggungjawab atas tersebarnya api. “Api yang dipicu dengan sengaja adalah tindakan terorisme. Dan kami akan menghukum [mereka yang bersalah] dengan setimpal.” katanya.

Menteri Pendidikan Israel, Naftali Bennett, juga mengatakan bahwa orang yang memicu kebakaran tidak loyal terhadap rezim Israel. Maka dari itu, mereka yang bersalah  tidak mungkin dari orang Israel.

Namun, seorang anggota Knesset, Jamal Zahalka, merespon pernyataan Netanyahu itu, bahwa sang Perdana Menteri “mencoba meraih popularitas murahan dengan cara menyalahkan orang Palestina dan Arab.”

Zahalka juga mengatakan pemerintah Israel “ingin mengubah headline dari media Israel. Orang-orang mulai bergosip bahwa dia tidak mempersiapkan tenaga pemadam kebakaran saat peristiwa itu berlangsung. Itu adalah kesalahannya.”

Anggota MP yang lain, Aida Touma-Suleiman, juga menilai pernyataan Netanyahu tersebut rasis dan provokatif terhadap Arab dan Palestina. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL