Tel Aviv, LiputanIslam.com—Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan, pemerintah AS telah meningkatkan bantuan militer untuk Tel Aviv sebanyak puluhan juta dollar.

“Tiga hari yang lalu, AS menambahkan $75 juta sebagai bantuan,” kata  Netanyahu pada Rabu (24/05/2017).

Pengumuman ini dilontarkan hanya beberapa hari setelah Netanyahu menerima kunjungan Presiden AS Donald Trump di Israel. Sebelumnya, Trump mengunjungi Arab Saudi di mana ia dilaporkan menandatangani perjanjian penjualan senjata sebanyak $110 milyar dengan pemerintah Riyadh.

Berdasarkan perjanjian pada September 2016, AS akan membayar belanja militer Israel sebanyak $38 milyar dari tahun 2019 sampai 10 tahun setelahnya.

Di bawah perjanjian ini, Israel dapat memperbarui pesawat-pesawat tempur, memperbaiki mobilitas pasukan darat, dan memperkuat sistem rudal  mereka.

Selama ini, Washington telah mendanai $3.1 milyar kepada Israel sejak perjanjian tahun 2007 di era pemerintahan George W. Bush.

Pada April lalu, Washington juga telah menerima proposal untuk memberikan lebih banyak senjata untuk Israel, termasuk di antaranya senjata angkatan laut seharga $440 juta. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL