nestleFlint, LiputanIslam.com–Pemerintah Michigan dilaporkan memberikan izin kepada perusahaan raksasa Nestlé untuk memperluas penyedotan air hingga tiga kali lipat di kawasan tersebut, yang kemudian akan dikemas dengan lebel Ice Mountain.

“Nestlé Waters North America meminta persetujuan dari Depertemen Lingkungan Michigan (DEQ) untuk memompa 150 sampai 400 galon per-menit,” lapor  MLive pada Senin (31/10/16).

“Divisi Sumber Air DEQ melakukan review lokasi dan sudah menandatangani izin perluasan penyedotan air pada Januari,” tulis laporan tersebut. Namun, agensi itu mau menerima pendapat publik terkait proposal tersebut hingga 3 November.

Ketika Nestlé dan perusahaan air kemasan lain masuk ke berbagai kawasan dan memprivatisasi sumber air di sana,  masyarakat lokal khususnya Michigan menderita selama setahun lamanya karena air mereka terkontaminasi. Banyak rakyat Flint (kota terbesar di Michigan) dipaksa membeli air kemasan untuk membersihkan rumah, memasak, dan mandi.

Parahnya lagi, Nestlé, perusahaan makanan terbesar di dunia itu, dibolehkan memompa air secara gratis. Sebagaimana MLive melaporkan, “Hukum Michigan mengizinkan pemilik properti privat apapun  untuk menarik sumber air di bawah properti mereka secara gratis… Aturan antar-negara bagian di Great Lakes melarang pengalihan air keluar dari cekungan Great Lakes, tetapi pembotolan air diizinkan hukum bila lebih kecil dari 5,7 gallon.”

Pihak pemerintah membela aturan ini dengan menyebut bahwa privatisasi penting bagi ekonomi.

“Isunya adalah privatisasi sumber daya yang penting. How much is too much?” kata Jeff Ostahowski, ketua Michigan Citizens for Water Conservation yang telah berjuang melawan ekspansi Nestlé di negara tersebut selama empat tahun lamanya. (ra/mintpess)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL