cstoMoskow, LiputanIslam.com — Organisasi kerjasama negara-negara bekas Uni Sovyet, Collective Security Treaty Organization (CSTO), mengingatkan Turki soal keterlibatan Turki dalam konflik di Suriah. Organisasi ini menyebut rencana Turki dan Saudi mengirim pasukan ke Suriah akan memicu bentrokan militer yang melibatkan banyak negara.

Sekjend CSTO, Nikolay Bordyuzha, mengeluarkan peringatan tersebut dalam pernyataan pers yang dirilis Selasa kemarin (16/2), seperti dilansir Press TV.

“Pemboman oleh Turki ke wilayah Suriah dan rencana Ankara dan Riyadh untuk mengerahkan pasukan darat di Suriah akan meningkatkan konflik Suriah ke tingkatan baru yang lebih berbahaya, konfrontasi militer langsung antar negara-negara di kawasan,” kata Bordyuzha dalam pernyataannya.

Bordyuzha mengingatkan bahwa langkah Saudi dan Turki itu akan mengganggu negara-negara anggota CSTO.

“Tindakan mengeskalasi konflik Suriah di sekitar wilayah CSTO akan menjadi ancaman keamanan bagi negara-negara anggota CSTO,” tambah Bordyuzha.

Turki dan Saudi Arabia mengatakan, kini hanya menunggu persetujuan AS untuk melancarkan serangan darat ke Suriah. AS pun secara tersirat telah menyatakan dukungannya bagi operasi militer di Suriah oleh koalisi yang digalang Turki dan Saudi Arabia. Namun rencana itu mendapat tantangan serius, tidak saja dari pemerintah Suriah, namun juga sekutu Suriah, yaitu Rusia dan Iran.

Turki telah melancarkan serangan artileri ke Suriah utara sejak 13 Februari lalu. Ini dilakukan Turki setelah gerilyawan Kurdi-Suriah, YPG, dengan bantuan Rusia, berhasil mengusir kelompok-kelompok bersenjata sekutu Turki dari perbatasan dan memasuki Turki.

CSTO beranggotakan negara-negara bekas Uni Sovyet yang terletak di sekitar kawasan Kaukasus dan Laut Kaspia, yaitu Rusia, Belarus, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Armenia dan Tajikistan. Negara-negara tersebut merupakan sekutu Rusia, sementara beberapa negara bekas Uni Sovyet lainnya seperti Ukraina dan negara-negara Baltik lebih memilih bergabung dengan blok AS-NATO.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL