sekolah singapuraParis, LiputanIslam.com — Organisasi kerjasama ekonomi dunia OECD merilis laporan hasil pemeringkatan sekolah-sekolah di dunia dengan negara-negara Asia mendominasi peringkat tertinggi, sementara negara-negara Afrika berada di peringkat bawah.

Singapora berada di peringkat tertinggi disusul oleh Hong Kong, Korsel, Jepang dan Taiwan. Sedangkan Ghana berada di peringkat terbawah. Demikian seperti dilansir BBC News, Rabu (13/5).

Dalam laporan tersebut OECD mengatakan bahwa pemeringkatan didasarkan pada hasil test matematika dan sains terhadap 76 negara di dunia. Hasil peringkat menunjukkan adanya kaitan antara pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi.

“Ini adalah pertama kalinya kita memiliki skala global yang sebenarnya atas kualitas pendidikan,” kata Direktur Pendidikan OECD Andreas Schleicher.

Menurut Schleicher, tujuan pemeringkatan itu untuk memberikan informasi tentang perbandingan tingkat pendidikan dunia sehingga negara-negara di dunia bisa melihat kelemahan dan kekuatan masing-masing dan melihat pengaruh pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan.

Ia mencontohkan Singapura, negara yang angka buta hurufnya relatif tinggi sampai tahun 1960-an. Seiring tingkat pendidikan yang berkembang, demikian juga tingkat kesejahteraannya.

Di Inggris, studi tersebut menemukan bahwa 20% generasi muda meninggalkan sekolahnya sebelum mencapai tingkat dasar dan hal itu merugikan perekonomian Inggris hingga miliaran dollar.

Dalam daftar itu, Indonesia berada di peringkat 69, kalah dibanding Malaysia di peringkat 52, Thailand di peringkat 47, Vietnam di peringkat 12. Peringkat tertinggi negara-negara Eropa diduduki oleh Finlandia di peringkat 6. Peringkat tertinggi negara-negara Amerika diduduki Kanada di peringkat 10. Peringkat tertinggi negara-negara Afrika diduduki Tunisia di peringkat 64.

Sementara itu peringkat tertinggi negara-negara Timur Tengah diduduki oleh Israel di peringkat 39, disusul Turki di peringkat 41, Emirat Arab di peringkat 45, dan Iran di peringkat 51. Sedang Saudi Arabia di peringkat 66 atau tertinggal di belakang Bahrain dan Lebanon yang masing-masing 57 dan 58.

Daftar itu juga menunjukkan buruknya sistem pendidikan negara paling maju, AS, yang kalah dibandingkan negara-negara Eropa dan bahkan disalip oleh Vietnam. AS berada di peringkat 28, kalah jauh dibandingkan Vietnam di peringkat 12.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL