breedloveBrussels, LiputanIslam.com — NATO menuduh pasukan dan peralatan militer Rusia telah memasuki wilayah Ukraina minggu ini. Hal itu disampaikan oleh Komandan NATO asal AS, Jendral Philip Breedlove.

“Tank-tank Rusia, artileri Rusia, sistem pertahanan udara dan pasukan Rusia telah terlihat,” kata Jendral Breedlove kepada wartawan dalam kunjungannya di Bulgaria, Rabu (12/11).

Jendral Breedlove menyebut kehadiran militer Rusia itu dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan di wilayah-wilayah yang diduduki separatis Ukraina.

“Yang paling mengkhawatirkan saya adalah …. perbatasan Rusia dengan Ukraina sama sekali keropos,” tambah Jendral Breedlove sebagaimana dilaporkan BBC News.

Menanggapi perkembagan ini Sekjen NATO Jens Stoltenberg mendesak Rusia untuk segera menarik pasukannya. Namun Rusia membantah tuduhan itu.

Sementara itu tembak-menembak masih terus berlangsung di sekitar kota Donetsk, hingga Rabu (12/11), dengan arena pertempuran utamanya di Bandara Internasional yang masih diduduki pasukan pemerintah Ukraina. Pertempuran dilaporkan juga terjadi di dekat kota Luhanks yang terletak lebih jauh di timur, dengan jumlah korban pasukan Ukraina 1 orang dan seorang lainnya luka-luka.

Lebih jauh Jendral Breedlove memastikan bahwa Rusia juga telah menggelar senjata-senjata nuklir di Semenanjung Krimea Hal ini sekaligus mengkonfirmasi laporan-laporan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Rusia telah menggelar rudal-rudal balistik jaraka pendek Iskander yang bisa dilengkapi dengan hulu ledak nuklir.

Sementara itu organisasi keamanan dan kerjasama Eropa OSCE, yang dibentuk untuk menjembatani kepentingan Rusia dengan NATO di Eropa, juga melaporkan terlihatnya konvoi-konvoi militer tidak bertanda memasuki wilayah Ukraina dari Rusia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL