Qatari women with maid


Wanita Qatar dan pelayannya, sumber foto: The Guardian

Doha, LiputanIslam.com — Pembantu rumah tangga yang berasal dari negara asing, tukang bersih-bersih  dan para pekerja rumah tangga lainnya  mengalami kondisi kerja paksa di Qatar,  banyak yang mengeluh mereka telah kehilangan paspor, upah, hari libur dan juga  kebebasan untuk pindah pekerjaan, seperti laporan investigasi The Guardian.

Ratusan TKW Filipina telah melarikan diri ke kedutaan mereka dalam beberapa bulan terakhir karena kondisinya sangat sulit. Banyak mengeluh karena mendapatkan tindakan kekerasan secara fisik dan pelecehan seksual, lembur tanpa bayaran dan penyitaan ponsel.

Eksploitasi ini menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut tentang praktik tenaga kerja di Qatar sebelum Piala Dunia, setelah Guardian melaporkan tentang pengobatan para pekerja konstruksi. Para pekerja ini memang tidak secara langsung terhubung dengan persiapan Qatar untuk turnamen sepak bola, tapi pekerja rumah tangga akan memainkan peran besar dalam lingkungan hotel, stadion dan infrastruktur lainnya yang akan mendukung turnamen pada tahun 2022 .

Penyelidikan The Guardian mengungkapkan adanya fakta:

  1. Kantor Perburuhan Luar Negeri Filipina ( POLO )menjadi tempat berlindung bagi lebih dari 600 pembantu yang melarikan driri selama enam bulan perrtama tahun 2013.
  2.  Beberapa pekerja mengatakan mereka belum dibayar selama berbulan-bulan .
  3.  Banyak pembantu rumah tangga tidak mendapatkan hari libur .
  4.  Beberapa kontrak dan  tugas mendadak berubah setelah para pekerja tiba di Qatar
  5.  Pekerja perempuan melaporkan adanya pelecehan seksual.

Pada bulan Januari , setidaknya 35 pekerja Filipina mencari perlindungan pada POLO di Doha yang memberikan pengayoman kepada 200.000 orang Filipina di Qatar. Para petugas kesejahteraan mengatakan sebagian besar mengeluhkan gaji yang dirahasiakan, tidak cukup makanan , kerja paksa dan penganiayaan. Beberapa mengatakan bahwa mereka telah mengalami pelecehan verbal dan fisik. (LiputanIslam.com/AF)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL