siachenNew Delhi, LiputanIslam.com — Perdana Menteri India Narendra Modi pada hari Rabu (22/10), melakukan kunjungan singkat ke wilayah yang menjadi sengketa dengan Pakistan, Siachen Glacier, sebelum menuju ke Kashmir untuk memperingati hari raya Diwali di wilayah yang terkena terjangan banjir besar baru-baru ini.

Wilayah Siachen Glacier dikenal sebagai medan perang paling tinggi di dunia ketika pada tahun 1984 India melancarkan operasi militer untuk merebut kawasan tidak berpenghuni itu dari Pakistan. Sejak itu terjadi beberapa kali aksi tembak-menembak antara pasukan kedua negara di wilayah ini.

Terletak sekitar 6.000 meter di atas permukaan laut dan tidak berpenghuni, menjadikan wilayah ini tidak memiliki arti ekonomis, namun keuntungan strategis lah yang menjadikan India dan Pakistan saling mengincar wilayah ini.

Pada hari Minggu Modi berkicau di akun Twitter bahwa ia akan mengunjungi Siachen untuk “menghabiskan waktu bersama para prajurit pemberani di hari spesial”. Demikian BBC News melaporkan.

Modi adalah perdana menteri kedua setelah Manmohan Singh yang pernah mengunjungi wilayah ini. Dalam kunjungan ke tempat ini tahun 2005, Singh mengatakan bahwa wilayah tersebut harus menjadi “pegunungan perdamaian” antara India dan Pakistan.

Akibat kondisi geografisnya yang ekstrem, lebih banyak tentara India yang tewas karena cuaca dibandingkan daripada oleh tembak-menembak.

Setelah di Siachen, Modi kemudian bergerak ke Kashmir yang pada bulan lalu dilanda banjir besar yang menewaskan 281 orang. Bulan lalu banjir juga memaksa 2 juta lebih penduduk meninggalkan kampung halamannya. Sebanyak sekitar 180.000 hancur akibat banjir itu dan sejumlah besr orang masih tinggal di pengungsian.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL