muslim-kanada-_120807140507-487Ottawa, LiputanIslam.com — Lingkungan masjid harus menjadi yang terdepan dalam meningkatkan kesadaran soal kelestarian lingkungan. Masalah ini yang menjadi tema kampanye Khotbah Hijau yang dirintis Muslim Kanada.

Aktivis Lingkungan, Muaz Nasir, mengatakan, kelestarian lingkungan membutuhkan komitmen umat Islam melalui gaya hidup ramah lingkungan dan aktif dalam memperbaiki lingkungan. Ini sejalan dengan ajaran Islam yang tecermin dalam Alquran dan hadis.

Caranya, antara lain, memberdayakan institusi keislaman dalam pelestarian lingkungan. “Kami ingin mendorong masjid. sekolah, dan lainnya untuk komitmen itu,” kata dia seperti dilansir onislam.net, Senin (21/4).

Kampanye ini telah berjalan sejak 2012. Responsnya pun luar biasa. Para imam dan ulama memberikan khotbah tentang kelestarian lingkungan di masjid. Selanjutnya, kampanye ini juga diikuti umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Dewan Urusan Islam Etiopia bahkan telah memastikan komitmennya untuk ambil bagian dari kampanye ini. Khotbah telah disiapkan secara khusus berisikan tentang perubahan iklim dengan pengantar bahasa lokal.

“Insya Allah, akan kami terjemahkan dalam bahasa Arab,” ucap Kepala Dewan Urusan Islam Etiopia Kemal Abdul Hafiz Issa. Di Afrika Selatan, umat Islam telah menyerukan kampanye serupa. Begitu pula dengan umat Islam di AS.(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL