pesawat jatuh sudanJuba, LiputanIslam.com — Pesawat kargo buatan Rusia yang juga membawa penumpang, jatuh pada hari Rabu kemarin (4/11), setelah lepas landas dari lapangan terbang di ibu kota Sudan Selatan, Juba. Musibah ini menewaskan 41 orang baik penumpang pesawat maupun mereka yang tertimpa, kata pejabat dan saksi.

Seorang awak pesawat dan seorang anak-anak penumpang pesawat itu selamat, kata juru bicara kepresidenan Ateny Wek Ateny kepada Reuters sebagaimana dilansir Antara, Rabu petang.

Tak lama setelah lepas landas dari bandar udara Juba, pesawat tersebut jatuh di tepi Sungai Nil Putih sehingga sirip ekor dan sebagian badan pesawat berserakan di rumpun tanaman dekat sungai. Pesawat itu kemungkinan membawa 20 orang termasuk awak, kata Ateny. Namun ia menambahkan bahwa jumlah penumpang dan awaknya masih harus dipastikan lagi.

Di samping itu, katanya, beberapa orang di darat yang tak diketahui jumlahnya juga tewas karena pesawat Antonov itu jatuh di dekat nelayan yang tengah bekerja.

“Kami tidak tahu jumlah orang yang tewas di darat,” tambah dia.

Seorang polisi, yang enggan menyebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters di tempat kejadian, setidaknya 41 orang tewas, namun jumlah itu kemungkinan masih bisa bertambah. Saksi Reuters lainnya mengatakan melihat 41 mayat di lokasi kejadian.

Sebelumnya, media Sudan Selatan mengatakan pesawat kargo tersebut membawa lima kru Rusia dan tujuh penumpang. South Sudan Tribune dalam Twitter-nya melaporkan ada dua korban selamat, salah satunya anak-anak.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL