Ousted Egyptian President Mohamed Morsi on trialKairo, LiputanIslam.com — Presiden Mesir terguling Mohammad Mursi hadir di persidangan dirinya atas tuduhan melakukan tindakan konspirasi terorisme, di Kairo, Minggu (16/2) .

Dengan menyebut kasus Mursi sebagai “kasus konspirasi terbesar sepanjang sejarah Mesir”, jaksa penuntut membeberkan sebuah “rencana teroris” yang melibatkan Mursi yang dimulai sejak tahun 2005. Dalam tuduhan tersebut jaksa juga menyebutkan keterlibatan kelompok pejuang Palestina Hamas, kelompok “Perlawanan” Hezbollah hingga pemerintah Iran.

Pengacara Walk-out Sebagai Protes

Sidang terhadap Mursi berjalan tidak seperti persidangan umumnya, dengan Mursi ditempatkan di tempat khusus yang kedap suara untuk mencegahnya melakukan interupsi-interupsi terhadap hakim yang menyidangkannya sebagaimana dilakukannya pada sidang-sidang terdahulu dengan dakwaan yang lain. Selain itu persidangan juga digelar di tempat khusus, yaitu di Akademi Kepolisian.

Atas perlakukan tersebut, para pengacara Mursi pun melakukan protes dengan meninggalkan ruang persidangan. Akibatnya sidang pun ditunda hingga tgl 23 Februari mendatang.

Mursi kini tengah menghadapi persidangan dalam 4 kasus berbeda, 3 di antaranya telah dimulai persidangannya. Ia dibawa dengan helikopter dari penjara Burj al-Arab dimana ia ditahan.

Dalam persidangan ini Mursi disidang bersama dengan 35 tersangka lainnya.

Para pengacara menyebutkan akibat tempat khusus yang digunakan untuk menyidangkan Mursi, Mursi dan para terdakwa tidak dapat mengikuti persidangan dengan baik. Namun hakim bersikeras bahwa tempat khusus tersebut telah dilengkapi dengan peralatan audio yang memungkinkan mereka bisa mendengarkan proses pengadilan.

Dalam beberapa persidangan terdahulu, Mursi sering melakukan tindakan mengolok-olok para hakim.

“Mengapa Anda ketakutan? Anda ketakutan karena tidak memiliki dukungan publik,” kata Mursi suatu ketika.

“Siapakah Anda memperlakukan saya seperti ini?” kata Mursi di saat lainnya.(ca/reuters/al akhbar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL