brendan-eich-326x235Silicon Valley, LiputanIslam.com — Mundurnya Brendan Eich dari kursi CEO Mozilla karena sikapnya yang anti-pernikahan sejenis, ternyata masih menjadi perdebatan. Sejumlah pekerja teknologi di Silicon Valley, California, berkumpul dan memperdebatkan keputusan Eich, Jumat (4/4). Mereka masih mempertimbangkan apakah keputusan Eich yang baru menjabat 10 hari itu tepat dilakukan atau tidak.

Memang, sejak Eich dipaksa mundur pada Kamis (3/4) karena sikapnya yang anti-pernikahan sejenis, berbagai komentar ramai di Twitter. Eich mundur karena dianggap mendukung Proposition 8, hukum larangan pernikahan sejenis di California, dengan menyumbangkan seribu dolar pada April 2008.

Dukungan Eich itu juga ditanggapi oleh penemu Sass (Syntactically Awesome Stylesheets), Hampton Catlin. Sejak Eich diketahui mendukung Prop 8, ia menarik aplikasi perangkat lunak Sass dari Mozilla.

“Setiap orang memang bebas berpendapat, tapi kami juga boleh untuk tidak setuju pada pendapat itu. Kami tidak percaya ada orang-orang yang mendukung Prop 8,” kata Catlin yang juga salah satu aktifis gay, seperti dikutip Reuters, Sabtu (5/4).

Sepeninggal Eich nanti, Mitchel Baker, Ketua Dewan Mozilla, menjamin perusahaannya akan ikut memperjuangkan kesetaraan dalam hal ras, jenis kelamin, dan orientasi seksual.

Meski minoritas, kelompok pro-perkawinan sejenis memiliki pengaruh yang sangat kuat di Amerika, berkat dukungan para politisi dan media massa AS. Isu ini bahkan telah menjadi isu yang sangat sensitif, sebagaimana isyu kesetaraan gender, rasialisme dan anti-semitisme.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL