UnismuhMakasar, LiputanIslam.com–Muktamar Muhammadiyah ke-47 akan digelar di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismu) Makassar mulai hari ini Senin (3/8). Acara difokuskan di gedung Balai Sidang Muktamar yang baru selesai dibangun beberapa bulan lalu.  Presiden Jokowi dijadwalkan hadir disertai sejumlah menteri ke tempat acara pembukaan di Lapangan Karebosi, Makassar, sekitar pukul 08.00 WITA

Sejumlah menteri akan mendampingi Presiden, di antaranya Mensos Khofifah Indarparawansa, Menperin Saleh Husin, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, dan MenPANRB Yuddy Chrisnandi. Akan hadir juga Ketua MPR Zulkifli Hasan, pimpinan DPR, para pimpinan ormas keagamaan, para ketum parpol, dan tamu undangan lain.

Tercatat ada 2.995 pemilik suara dan 200 ribu-an penggembira yang hadir dalam muktamar ini. Para pemilik suara nantinya akan memilih 13 Pimpinan Pusat Muhammadiyah dari 39 calon yang tersedia.

Persiapan Gedung Dibantu JK

Lokasi penyelenggaraan muktamar adalah gedung Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismu) Makassar. Gedung ini baru 8 selesai dibangun dan mampu menampung 7.000 orang.

Menurut ketua PWM Sulawesi Selatan Dr Alwi Uddin di Kampus Unismu, gedung 4 lantai itu memang dibangun untuk digunakan Muktamar. Dalam persiapannya, bahkan ada peran Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga berasal dari Makassar.

“Sound systemnya dari Pak JK, karena mau diresmikan dia coba sound systemnya. Ternyata suaranya jelek, dia minta diganti (sound systemnya). Baru akhir Juli pemasangan sound systemnya selesai, karena dia mau betul-betul bagus. Menurut dia orang datang karena mau mendengar, harus bagus suaranya. Dipasang juga kain biar tidak menggema,” paparnya.

Alwi memaparkan, ada sekitar 3.000 peserta Muktamar Muhammadiyah ditambah 2.800 Muktamar Aisyiyah yang akan mengisi gedung tersebut. Mereka adalah pengurus Muhammadiyah di seluruh Indonesia hingga tingkat kab/kota dan ada beberapa hingga pimpinan tingkat cabang (kecamatan).

Rencananya, setelah pembukaan Muktamar di Lapangan Karebosi yang dihadiri Presiden Joko Widodo,  seluruh peserta akan mulai mengisi gedung itu pada malam harinya untuk memulai sidang-sidang Muktamar. Menurut jadwal, Muktamar selesai Jumat (7/8) nanti. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL