hewan-langkaJakarta, liputanislam.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) merasa harus ikut peduli atas nasib hewan-hewan langka yang kondisinya terancam punah serta hewan-hewan piaraan yang kondisinya memprihatinkan. Terkait dengan hal itu MUI kini tengah menggodok fatwa soal pemeliharaan hewan langka.

“Komisi fatwa sedang intensif membahas upaya pelestarian hewan langka. Mungkin finalnya akhir pekan kedua atau awal pekan ketiga,” jelas Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam dalam keterangannya kepada pers, Kamis (9/1).

Untuk mendukung fatwa yang tengah dibahas tersebut MUI telah mengundang beberapa pakar,  antara lain dari kalangan kampus dan Kemenhut. Juga aktivis lingkungan dan aktivis konservasi satwa.

“Termasuk WWF, Yayasan Harimau Kita dan lain-lain,” imbuh Niam.

Semangat fatwa tersebut, kata Niam, adalah bahwa seluruh makhluk hidup berhak untuk melanjutkan keberadaannya. Dan manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelangsungan hidup mereka.

“Demi kemaslahatan manusia juga dan lingkungan hidup sesama,” tambahnya.

“Dan tidak boleh melakukan perburuan liar serta aktivitas ilegal lain yang mengancam kepunahannya,” tambahnya lagi.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL