cover-tempo-MUIJakarta, LiputanIslam.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebutkan, kreator dan penulis yang terkait dalam laporan utama Majalah Tempo edisi terbaru sebagai “anti-Islam”.

Setidaknya MUI menyebutkan “anti Islam” ini dalam dua dari sembilan butir klarifikasinya terhadap laporan utama Majalah Tempo, edisi 24 Februari – 2 Maret 2014.

Berikut ini adalah 2 butir klarifikasi MUI tersebut:

Butir 1:

Cover dengan Judul “ASTAGA LABEL HALAL”. Petinggi Majelis Ulama Indonesia ditengarai memperdagangkan Label Halal. Tempo melacak hingga Austrlia dan Belgia. Dengan Gambar Makanan Kaleng Bergambar Babi yang dicap logo Halal MUI, sangat menyakitkan umat Islam yang membacanya. Ditambah lagi dengan karikatur Binatang Babi “ada cap Haram Bos”, dan kotoran sapi dimasukan ke dalam kaleng yang bertuliskan MUI, maka lengkaplah tuduhan kepada MUI yang dianggap memperdagangkan label Halal. Kreasi Tempo melecehkan umat Islam dengan menuduh MUI mempermainkan label Halal hanya dibuat oleh pihak tertentu yang “anti Islam”.

Butir 8:

Dan lebih dari itu Tempo telah menulis dengan narasi dan karikatur yang sangat menyakitkan hati ulama dan umat Islam sepertinya penuh kebencian terhadap MUI yang seperti itu hanya ditulis oleh orang “anti Islam”.

Amidhan: Wartawan Tempo Plintir Ucapan Saya

Di sisi lain Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidhan Shaberah sangat menyesalkan perbuatan wartawan Majalah Tempo yang dinilainya memelintir ucapannya saat wawancara.

Dalam laporan utama Majalah Tempo, edisi 24 Pebruari-2 Maret 2014, wartawan Tempo dituding memelintir ucapan Amidhan Shaberah. Ucapan itu seolah-olah “karena MUI bukan penyelenggara negara, maka boleh menerima gratifikasi.

Saya tidak pernah bicara seperti itu. Beruntung saat wawancara dengan wartawan Tempo, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik MUI Lukmanul Hakim ikut mendampingi saya dan merekam. Kita sudah mendengarkan kembali rekaman itu, dan tidak ada ucapan seperti itu, kata Amdihan.(ca/inilah.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL