Sumber: suaramuhammadiyah.id

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui LSBO PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Pondok Pesantren (PP) Tebuireng Jombang akan menggarap film yang berjudul ‘Jejak langkah 2 Ulama’. Dua ulama yang diangkat ialah KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari.

Rancangan pembuatan film tersebut disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Pengasuh PP Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Solah), seperti dilansir suaramuhammadiyah.id, Yogyakarta pada Rabu (24/7).

Gus Solah menyampaikan akan pentingnya meneladani para ulama dan tokoh bangsa. Keteladanan mereka perlu dihidupkan kembali. Selain itu, semua elemen bangsa juga perlu kembali pada penghayatan Pancasila. “Pancasila lebih banyak dibicarakan, tidak banyak dijalankan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Haedar Nashir yang menyatakan bahwa KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari patut diteladani. “Islam wasatiyah ini akarnya pada dua tokoh ini sehingga Muhammadiyah dan NU menjadi mainstream dari Islam Indonesia. Dua tokoh ini melintas batas menjadi tokoh umat dan tokoh bangsa.” Ungkapnya.

Baca: PP Muhammadiyah: Pancasila Milik Kita Bersama

“Kelebihan tokoh lama itu terletak pada sikap zuhud, wara’ serta kuat sikap spiritualnya, tetapi juga cerdas dan jernih. Ini menjadi value,” tambahnya.

Film Jejak Langkah 2 Ulama akan mulai digarap pada Agustus dan ditarget tayang pada September 2019 mendatang.  (aw/SM/antara).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*