Illustrasi/vemale.com

Illustrasi/vemale.com

London, LiputanIslam.com — Sejak beberapa tahun lalu sudah muncul laporan tentang popularitas nama “Muhammad” di Inggris. Namun terakhir laporan media parenthing Inggris BabyCentre tentang popularitas tersebut patut diapresiasi.

Menurut laporan situs BabyCentre nama “Muhammad” saat ini menempati urutan pertama nama paling populer yang diberikan kepada anak-anak yang baru lahir di Inggris tahun 2014. Ini adalah lonjakan luar biasa karena tahun lalu nama “Muhammad” hanya menduduki urutan ke-27.

“Secara tradisi nama Muhammad diberikan kepada anak laki-laki pertama dalam keluarga muslim,” kata Managing Editor BabyCentre, Sarah Redshaw, kepada media terkemuka Inggris, Mirror, sebagaimana dilaporkan Russia Today, Senin (1/12).

Menurut Redshaw, selain nama Muhammad, ada beberapa nama “Arab” lain di antara nama-nama paling populer di antara bayi-bayi yang baru lahir.

“Ini menunjukkan adanya peningkatan diversitas di Inggris saat ini,” katanya.

Selain menjadi menjadi nomor satu di seluruh Inggris, nama “Muhammad” juga menduduki urutan pertama paling populer di ibukota London, mengalahkan nama-nama asli Inggris seperti Oliver, Jack, dan Noah, demikian menurut BabyCentre.

Termasuk dianggap sebagai nama “Muhammad” adalah nama-nama lain yang bermakna sama namun hanya berbeda pengucapannya seperti “Mohammed” dan “Mohammad”.

Nama-nama lain yang masuk dalam daftar paling populer di Inggris adalah Teddy, Kian dan Jonathan, diikuti dengan Omar, Ali, dan Ibrahim.

Sementara untuk bayi perempuan, nama paling populer adalah “Sophia”. Nama Islam “Nur” muncul pertama kali dalam daftar tahun ini pada urutan ke-29.

Nama-nama selebritis juga berpengaruh pada daftar popularitas nama-nama tersebut. Nama “Miley”, misalnya, merosot popularitasnya akibat tingkah kontroversial penyanyi “Miley Cyrus” tahun lalu. Sementara nama-nama tokoh-tokoh dalam acara televisi “Game of Thrones” seperti Emilia, Daenerys, dan Tyrion mengalami kenaikan popularitas.

BabyCanter setiap tahun merilis daftar nama paling populer di antara bayi-bayi yang baru lahir. Berikut adalah daftar 10 besar nama terpopuler tahun ini:

1. Mohammed 2. Oliver 3. Jack 4. Noah 5. Jacob 6. Charlie 7. Harry 8. Joshua 9. James 10. Ethan (Laki-laki).

1. Sophia 2. Emily 3. Lily 4. Olivia 5. Amelia 6. Isla 7. Isabella 8. Ava 9. Sophie 10. Chloe (Perempuan).(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL