mugabeHarare, LiputanIslam.com — Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, hari Jumat (12/12) melantik Menteri Kehakiman Emmerson Mnangagwa sebagai Wapres. Para pengamat memperkirakan pengangkatan itu membuka jalan lebar bagi Emmerson untuk menggantikan Mugabe setelah wapres sebelumnya dipecat karena tuduhan merencanakan kudeta.

Sebagaimana dilansir AFP, Mnangagwa yang adalah sekutu lama Mugabe diambil sumpahnya di hadapan Mugabe di State House. Ia menyatakan sumpah setia untuk menjadi “pejuang sejati Zimbabwe”. Setelah dilantik
Mnangagwa tetap mempertahankan jabatannya sebagai Menteri Kehakiman.

Mugabe menunjuk Mnangagwa sebagai wakilnya pekan ini untuk menggantikan mantan wapres  dan sekutu dekat Mugabe lainnya, Joice Mujuru, yang dituduh berkomplot melawan penguasa 90 tahun itu.

Mujuru menjadi sasaran kampanye berkelanjutan serangan istri Mugabe, Grace Mugabe, yang menuduh Mujuru korupsi dan tidak mampu.

Wakil presiden lainnya, Phelekezela Mphoko, dan lima menteri kabinet baru juga dilantik, setelah pembersihan pada musuh-musuh Mugabe.

Mphoko juga ditunjuk untuk memimpin portofolio yang baru dibentuk membidangi pemulihan nasional, perdamaian dan rekonsiliasi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL