Sumber: Antara

LiputanIslam.com — Sekretariat Jenderal MPR melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR melalui pagelaran seni wayang kulit.

“Selain untuk sosialisasi MPR juga ikut melestarikan seni budaya daerah serta memperkuat rasa kebhinnekaan yang sudah terbangun selama ini,” kata Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah saat sosialisasi Empat Pilar MPR melalui pagelaran wayang kulit di Yayasan Ar Raudlah Desa Tinap, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (21/9) malam.

MPR memilih seni budaya sebagai salah satu metode sosialisasi karena di dalam seni budaya tradisional ini, mengandung filosofi yang berisi tuntunan dan panutan, selain sebagai tontonan.

Dalam Empat Pilar MPR RI terkandung semangat Gotong Royong yang sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Mari kita maknai nilai-nilai Pancasila itu agar kita terhindar dari perpecahan seperti yang dialami negara lain seperti Uni Sovyet, Yugoslavia dan negara lainnya.

Baca juga: Ketua MPR: Banyak UU Hasil DPR dan Pemerintah Bertentangan dengan UUD 45

Empat pilar tersebut adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang – Undang Dasar NKRI tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan pilar Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. (Ay/Antara/Pantura post)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*