morsi trialKairo, liputanislam.com — Presiden Mesir terguling, Mohammad Morsi mempertanyakan keabsahan pengadilan atas dirinya yang digelar Selasa (28/1) atas tuduhan terlibat dalam aksi pendobrakan tahanan pada tahun 2011.

“Siapa kamu? Katakan padaku!” kata Morsi kepada hakim yang memimpin sidang atas dirinya.

“Saya kepada pengadilan kriminal Mesir!” jawab hakim Shabaan el-Sham.

Morsi diadili bersama 130 terdakwa lainnya dengan tuduhan yang sama terkait pendobrakan penjara selama terjadinya revolusi penggulingan diktator Hosni Mubarak tahun 2011. Namun tidak seperti yang lain, Morsi ditempatkan dalam satu ruangan khusus yang kedap suara untuk mencegahnya melakukan kecaman-kecaman keras terhadap pemerintah yang menggulingkannya dan pengadilan yang mengadilinya. Sampai saat ini Morsi tetap menganggap dirinya sebagai presiden.

Morsi diterbangkan langsung dengan helikopter dari penjara Borg Al-Arab prison di Alexandria. Ia sebelumnya pernah diadili dalam kasus memicu kerusuhan dalam aksi-aksi demonstrasi menentang penggulingannya yang terjadi pertengahan tahun lalu. Pengadilan atas perkara terakhir ini akan kembali digelar Sabtu mendatang (1/2).

Pengadilan terhadap Morsi mengalami beberapa kali penundaan sejak dibuka November tahun lalu. Selain itu Morsi juga masih harus menghadapi 2 tuduhan lainnya, yaitu mata-mata dan konspirasi yang pengadilannya akan dimulai 16 Februari mendatang. Kasus terakhir adalah penghinaan terhadap pengadilan yang prosesnya masih belum ditetapkan.

Morsi menolak semua tuduhan tersebut dan bersikukuh bahwa dirinya masih menjadi presiden yang syah.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL