mobil presidenMontevideo, LiputanIslam.com — Presiden Uruguay Jose Mujica mengaku mobil VW Beetle tua miliknya telah ditawar oleh seorang bangsawan Arab senilai $1 juta, atau lebih dari Rp 12 miliar.

Sebagaimana laporan The Telegraph, Jumat (7/11), Mujica yang digelari sebagai “presiden paling miskin di dunia” ini mengatakan kepada koran mingguan “Busqueda” bahwa ia menolak tawaran itu dan menyebutnya sebagai sesuatu yang tidak penting.

“Itu yang dikatakan mereka, namun saya tidak menganggapnya penting,” katanya mengenai penawaran itu.

Menanggapi kabar tersebut, Dubes Mexico untuk Uruguay dikabarkan mengatakan melalui jejaring sosial Twitter bahwa Mujica akan mendapatkan 10 truk berpenggerak 4 roda jika mau melelang mobil tuanya itu di Mexico.

Mujica, mantan pimpinan kelompok gerilyawan kiri Tupamaro mengatakan bahwa jika ia mendapatkan $1 juta dari mobil itu, maka ia akan mendonasikannya bagi program pembangunan perumahan bagi para tuna wisma. Dan jika ia mendapatkan truk-truk dari mobil itu, maka ia akan pergi ke kantor kesehatan masyarakat atau ke tempat pendukung-pendukungnya.

Mujica menambahkan bahwa ia akan dengan senang hati melelangkan mobilnya karena ia “tidak memiliki komitmen dengan mobil”. Namun ia tidak akan menjualnya karena anjingnya yang berkaki tiga, Manuela.

Tentang orang-orang yang merasa beruntung jika bisa memiliki mobilnya, Mujica mengatakan bahwa manusia memiliki sisi suka memuja dan membutuhkan simbol-simbol material. Ia mengungkapkan dirinya menyimpan palu dan sekop peninggalan ayahnya.

“Mereka sesuatu yang sangat remeh bagi dunia, namun sangat berarti bagi saya,” katanya.

Mujica menjadi buah bibir dunia ketika terpilih sebagai Presiden Uruguay tahun 2010 dan mengumumkan bahwa seluruh hartanya hanya berupa sebuah mobil VW Beetle keluaran tahun 1987. Sementara perkebunan dimana ia tinggal adalah milik istrinya.

Dengan gaji sebesar $11.000 per-bulan sebagai presiden, ia mendonasikan 20%-nya untuk gerakan politik yang dipimpinnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL