sby_dukun_1Bahwa Presiden SBY adalah sosok yang sanga percaya pada hal-hal mistik, hampir semua orang Indonesia sudah
mengetahui. Namun jika ternyata hal itu menjadi perhatian media asing, apalagi media besar seperti The Washington Post, tentu menjadi hal menarik.

Baru-baru ini The Washington Post (TWP) melaporkan tentang Presiden SBY yang “terobsesi” dengan hal-hal mistis sebagaimana ditulis dalam buku beliau.

“Susilo Bambang Yudhoyono mungkin presiden pertama di Indonesia yang secara umum memperlihatkan dirinya percaya pada mistik. Dalam memoarnya yang baru dipublikasikan dia menggambarkan gaya film horor dengan ilmu hitam di kediamannya,” tulis TWP baru-baru ini.

Salah satu yang disinggung TWP adalah cerita SBY berkaitan dengan awan tebal hitam yang berkumpul di langit-langit rumah SBY yang bergerak ke arah kamar tidur. Demi melihat awan tebal hitam itu Ibu Ani Yudhoyono pun berteriak. SBY lantas meminta semua orang di rumahnya untuk berdoa memohon pertolongan Allah SWT.

“Mistik dilarang dalam Islam. Namun praktik mistik tersebar luas di Indonesia yang merupakan negeri dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Sebuah survei tahun 2012 oleh Pew Forum memperlihatkan 69 persen Muslim Indonesia percaya pada mistik dan sihir,” tulis TWP lagi.

Koran itu juga mengutip pernyataan editor senior harian The Jakarta Post Endy Bayuni yang mengatakan bahwa banyak orang Indonesia termasuk kalangan elit, yang kerap mendatangi peramal untuk mengkonsultasikan karier, kekayaan dan pernikahan.

Juga disebutkan di TWP bahwa pada bulan September 2010 SBY pernah batal menghadiri sebuah pertemuan antara AS dan Asean karena ada rumor tentang sihir di lokasi pertemuan. Informasi terakhir ini dikutip TWP dari WikiLeaks.(CA/rakyatmerdekaonline.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL