Army retakes strategic town in SyriaDamaskus, LiputanIslam.com — Militer Suriah berhasil menguasai kembali kota strategis yang berada di dekat perbatasan Lebanon, Jarajir, setelah melalui pertempuran hebat dengan pemberontak.

Menurut laporan-laporan media Suriah hari Rabu (12/2), militer Suriah berhasil menguasai penuh kota Jarajir setelah bertempur hebat dengan para pemberontak di dekat kota Yabrud yang sebelumnya telah direbut pasukan pemerintah. Pertempuran di Jarajir maupun Yabrud merupakan bagian dari apa yang disebut media-media lokal sebagai “Pertempuran Qalamoun”.

Qalamoun adalah nama daerah pegunungan yang memisahkan Suriah dengan Lebanon.

Dalam beberapa hari terakhir militer Suriah meningkatkan serangan-serangannya terhadap posisi-posisi pemberontak terutama di sekitar wilayah perbatasan Lebanon, untuk membersihkannya dari keberadaan para teroris.

Delegasi Suriah-Rusia Bertemu

Sementara itu delegasi Suriah dan Rusia dalam konperensi Genewa II dikabarkan telah bertemu untuk membicarakan berbagai isu tentang pembicaraan antara pemerintah dan oposisi Suriah.

Dalam pertemuan yang digelar hari Rabu (12/2) itu hadir pejabat-pejabat penting kedua pemerintahan, di antaranya Menlu Suriah Walid al-Muallem dan Deputi Menlu Rusia Gennady Gatilov. Keduanya kemudian menggelar jumpa pers bersama di lokasi pertemuan, Hotel de la Paix, Genewa.

Menlu Suriah mengatakan bahwa pertemuan tersebut membicarakan kerjasama kedua pemerintahan dan menyebutnya sebagai sesuatu yang berguna.

Menurut Muallem, isu-isu seputar pembicaraan putaran kedua Genewa II yang dimulai tgl 10 Februari lalu, juga menjadi bahan pembicaraan antara kedua delegasi.

“Kami juga membicarakan topik-topik dalam pembicaraan Genewa II dan kami melihat sebuah persamaan pandangan tentang bagaimana meningkatkan hasil positif dalam perundingan,” kata Muallem.

Sementara Deputi Menlu Rusia menekankan perlunya mencari solusi politik untuk menghakhiri krisis yang telah berlangsung selama 3 tahun di Suriah.

“Momennya sangat krusial dan kami sangat percaya bahwa solusi politik adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan semua masalah di Suriah,” kata Gatilov.(ca/press tv/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL