pakistan armyIslamabad, LiputanIslam.com — Militer Pakistan mengklaim telah menewaskan 910 anggota kelompok militan sejak melancarkan offensif di wilayah Waziristan Utara Juni lalu.

Sementara jumlah pasukan yang tewas adalah 82 orang dalam berbagai aksi memerangi terorisme di seluruh negeri.

Dalam pernyataan yang disampaikan, Rabu (3/9), sebagaimana laporan BBC News, militer mengklaim telah menguasai kota-kota utama di Waziristan Utara yang selama ini menjadi basis utama kelompok Taliban.

Karena awak media massa dilarang berada di area operasi militer, belum ada konfirmasi atas klaim tersebut.

Pernyataan militer ini muncul di tengah ketegangan politik Pakistan setelah 2 kelompok utama oposisi, melakukan aksi demonstrasi besar-besaran menuntut pengunduran diri perdana menteri Nawaz Sharif. Militer yang dicurigai berada di belakang aksi tersebut, menyatakan netral dan telah menawarkan diri menjadi perantara perundingan antara oposisi dengan pemerintah.

“Sejauh ini, militer telah membersihkan kota-kota utama Miranshah, Mir Ali, Datta Khel, Boya dan  Degan di Waziristan Utara, yang dianggap sebagai basis kekuatan para teroris,” kata jubir militer Pakistan.

Offensif militer terhadap kelompok militan dilakukan setelah perundingan damai yang dilakukan pemerintah dengan kelompok-kelompok militan mengalami kegagalan.

Militer juga menambahkan, dalam operasi inteligen yang terpisah, sebanyak 42 anggota kelompok militan berhasil ditewaskan sejak bulan Juni. Sebanyak 100 militan lainnya berhasil ditangkap.

Militer tidak menyebutkan angka korban sipil dalam operasi militer yang digelar di Waziristan utara. Sejak operasi itu sekitar 800.000 warga telah meninggalkan Waziristan utara untuk menghindari pertempuran.

Sejauh ini belum ada laporan tentang penangkapan atau tewasnya pemimpin berpengaruh kelompok militan. Namun, betapapun serangan teroris mengalami penurunan tajam setelah dilakukannya offensif militer.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL