intel boko haramAbuja, LiputanIslam.com — Militer Nigeria mengklaim telah melakukan serangan terhadap satu unit inteligen kelompok Boko Haram yang terkait dengan penculilan ratusan pelajar putri bulan April lalu. Pemimpin unit Boko Haram tersebut berhasil ditangkap. Demikian klaim militer Nigeria sebagaimana dikutip BBC, Selasa (1/7).

Ya’ari, pemimpin unit inteligen Boko Haram itu diketahui aktif terlibat dalam aksi penculikan ratusan pelajar putri di kota Chibok serta pembunuhan pemimpin agama di Gwoza.

Lebih dari 2.000 orang telah tewas akibat aksi-aksi teror yang dilakukan Boko Haram tahun ini saja.

“Ya’ari adalah seorang pengusaha yang berpartisipasi dalam penculikan para pelajar putri di kota Chibok,” demikian pernyataan kementrian pertahanan Nigeria.

Dalam modus operandinya Ya’ari menyamar sebagai anggota kelompok sipil anti Boko Haram untuk mendapatkan informasi yang kemudian diberikan kepada Boko Haram. Selain itu ia juga diyakini sebagai koordinator beberapa aksi penyerangan Boko Haram di kota Maidugiri, ibukota Provinsi Borno sejak tahun 2011.

Kemenhan Nigeria juga mengklaim telah menangkap anggota beberapa wanita yang menjadi anggota kelompok Ya’ari.

BBC sendiri menyatakan klaim-klaim tersebut masih belum bisa diverifikasi secara independen.

Pada tanggal 14 April lalu Boko Haram menculik lebih dari 200 pelajar putri sekolah menengah khusus di kota Chibok. Sampai sekarang mereka belum bis dibebaskan meski pemerintah Nigeria telah mendapatkan bantuan dari AS, Inggris dan Cina untuk menemukan para pelajar tersebut.

Militer Nigeria beberapa waktu lalu mengklaim telah mengetahui keberadaan pelajar putri itu, namun tidak bisa melakukan operasi pembebasan karena khawatir dengan keselamatan para pelajar.

Hari Minggu kemarin (29/6) Boko Haram menyerang beberapa gereja di dekat kota Chibok, menewaskan puluhan warga yang hendak beribadah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL