tentara nigeriaAbuja, LiputanIslam.com — Pemerintah Nigeria mengumumkan persiapan serangan pamungkas terhadap kelompok teroris takfiri Boko Haram menjelang diselenggarakannya pemilihan presiden pada tanggal 28 Maret.

“Para prajurit telah berada di sana bekerja keras dan kami tengah dalam perjalanan menuju serangan pamungkas yang telah dimulai di Bama, provinsi Borno,” kata Jubir pemerintah Nigeria Mike Omeri, seperti dilansir Press TV, Rabu (18/3).

“Bama telah berhasil direbut kemarin, (Senin) dan kami tengah bergerak ke Abadam, Gwoza dan Askira sebagai wilayah dimana mereka (Boko Haram) masih ada,” tambah Omeri.

Ia menyebutkan bahwa keberhasilan signifikan telah berhasil diraih militer Nigeria dalam beberapa minggu terakhir.

Pernyataan itu muncul setelah sebelumnya provinsi-provinsi Adamawa dan Yobe berhasil dibersihkan dari Boko Haram tanggal 13 Maret dan 16 Maret lalu.

Bama dikuasai Boko Haram sejak bulan September 2014 lalu, ketika Boko Haram melancarkan serangan intensif dan merebut beberapa kota dan desa di negara-negara bagian Borno, Adamawa dan Yobe yang berbatasan dengan Chad, Kamerun dan Niger.

Minggu lalu, Omeri mengumumkan bahwa sebanyak 36 kota telah berhasil dibebaskan dari Boko Haram.

Provinsi-provinsi Adamawa, Borno dan Yobe menjadi pusat pertempuran antara militer Nigeria dengan Boko Haram sejak kelompok ini mengangkat senjata pada tahun 2009 dan menewaskan lebih dari 13.000 orang dan mengakibatkan lebih dari 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal.

Pada bulan Mei 2013 pemerintah menetapkan kondisi darurat di ketiga provinsi ini, disusul dengan serangan intensif oleh pasukan Nigeria merebut kota-kota dari Boko Haram dan mengusir mereka ke wilayah-wilayah hutan dan desa-desa terpencil. Namun setahun kemudian kelompok itu kembali melancarkan offensif dan menduduki kembali sejumlah besar kota dan desa.

Dalam operasi militer kali ini militer Nigeria mendapat bantuan militer negara-negara Afrika lainnya, terutama Chad, Niger dan Kamerun.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*