boko haram baruAbuja, LiputanIslam.com — Militer Nigeria mengklaim berhasil memukul mundur dan menimbulkan kerugian besar atas kelompok teroris Boko Haram yang mencoba menyerang kota Bama, Senin (1/9).

Sebagaimana laporan BBC News, militer Nigeria berhasil menewaskan sejumlah besar anggota Boko Haram yang mencoba menduduki kota Bama, Senin pagi. Namun laporan ini masih belum terklarifikasi oleh militer Nigeria maupun kelompok Boko Haram.

“Ada upaya dari Boko Haram untuk menduduki Bama. Namun, berkat perlawanan para prajurit yang berada di kota ini berhasil memukuk mundur mereka,” kata warga kota Mohammed Bunu Ahmed, kepada Reuters.

Beberapa anggota militer pun mengatakan pihaknya berhasil membunuh puluhan personil Boko Haram. Namun akibat pertempuran itu banyak penduduk yang melarikan diri meninggalkan kota.

Bama terletak 70 km dari Maiduguri, ibukota Provinsi Borno yang paling bergejolak akibat pemberontakan Boko Haram yang telah menewaskan ribuan orang sejak tahun 2009 lalu. Maiduguri adalah basis utama kelompok Boko Haram sebelum akhirnya berhasil diusir oleh militer dan memaksa mereka membangun basisnya di hutan-hutan.

Pada bulan April, Boko Haram menculik ratusan pelajar sekolah menengah putri di kota Chibok, dan membuat nama kelompok ini menjadi perhatian dunia. Baru-baru ini Boko Haram mendeklarasikan pembentukan Kekhalifahan Islam.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL