boko haram nelponAbuja, LiputanIslam.com — Lebih dari 50 orang tewas dalam upaya yang gagal kelompok Boko Haram untuk menguasai basis-basis militer di Nigeria utara, hari Sabtu (5/7) waktu setempat.

Militer Nigeria mengklaim, pihaknya menewaskan lebih dari 50 penyerang yang berusaha merebut pangkalan-pangkalan militer dan pos-pos polisi di dekat kota Damboa, Provinsi Borno, Nigeria utara. Demikian laporan CNN.

Kebanyakan anggota-anggota pasukan tengah mengadakan patroli saat serangan itu terjadi. Namun serangan itu berhasil digagalkan meski 5 orang tentara dan seorang perwira tewas dalam pertempuran, dan sejumlah orang mengalami luka-luka.

Boko Haram sendiri belum mengeluarkan pernyataan apapun tentang serangan itu.

Sebelumnya, hari Jumat (4/7) kementrian pertahanan Nigeria mengklaim telah menangkap 3 anggota wanita Boko Haram yang tengah melakukan misi perekrutan anggota baru. Menurut keterangan tersebut, anggota-anggota wanita itu mengincar gadis-gadis dan janda-janda muda dengan iming-iming menjadi suami dari laki-laki yang ternyata anggota Boko Haram.

Selain berperang dengan tentara dan aparat keamanan, Boko Haram sering melakukan aksi pemboman terhadap fasilitas-fasilitas publik dan tempat-tempat berkumpul seperti masjid dan gereja, menculik dan membunuh tokoh-tokoh masyarakat dan figur-figur politik hingga menculik wanita dan anak-anak untuk mendapat tebusan ataupun budak.

Aksi paling menggemparkan mereka adalah menculik lebih dari 200 pelajar putri sekolah menengah khusus di kota Chibok, Borno, pertengahan April lalu. Hingga sekarang para pelajar tersebut masih belum bisa dibebaskan meski militer mengklaim telah mengetahui keberadaan mereka.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL