London, LiputanIslam.com–Militer Inggris dilaporkan tengah menyebarkan kampanye perekrutan tentara yang menargetkan anak-anak muda dari keluarga pekerja.

Berdasarkan laporan dari The Guardian pada Minggu (9/7/17), kampanye berjudul “This Is Belonging” ini mencari anak muda berusia 16 – 24 tahun  yang berasal dari “C2DEs” –sebutan bagi kelompok paling rendah secara sosial dan ekonomi dalam masyarakat Inggris.

Beberapa syarat perekrutan antara lain “memiliki pendapatan 10K. High index for social, mobile, cinema. Bukan penonton berat TV. Menyukai olahraga dan bermain bersama teman.”

Dokumen mengenai kampaye ini diperoleh oleh organisasi Child Soldiers Internasional (CSI). Dalam dokumen tersebut, terdapat aturan bahwa perekrutan tentara akan difokuskan kepada kota-kota Inggris bagian utara seperti Manchester, Sheffield, Birmingham, Belfast, dan Cardiff.

CSI menilai, militer sengaja berfokus ke kota-kota tersebut karena di sanalah terdapat “daerah-daerah paling miskin secara ekonomi dengan lapangan kerja paling rendah.”

“Apa yang sudah jelas dari dokumen tersebut bahwa militer secara sengaja menargetkan anak-anak muda dari latar belakang miskin yang memiliki pilihan terbatas dalam hidup,” kata direktur CSI, Rachel Taylor.

“Ini adalah tentang eksploitasi orang yang tidak punya pilihan pekerjaan yang lain. [Mereka] memanfaatkan itu untuk mengisi peringkat tentara dengan pekerjaan paling berbahaya dan berupah rendah,” tambahnya.

Kampanye ini dirilis pada awal tahun ini dengan memproduksi iklan profesional yang memperlihatkan para tentara muda dalam keadaan dilatih dan berperang. Iklan ini telah tersebar di media sosial, televisi, dan bioskop Inggris.

Namun, Kementerian Pertahanan Inggris menolak kritik atas kampanye tersebut, bahwa mereka tidak menargetkan orang-orang miskin.

“Ini adalah perekrutan nasional yang didesain untuk mencakup masyarakat luas,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL