afrika tengahBangui, LiputanIslam.com — Sekalompok pemuda militan Kristen Afrika Tengah menyerang dan menghancurkan sebuah masjid di ibukota Bangui, Kamis (29/5). Ini terjadi sehari setelah kelompok militan muslim Seleka menyerang sebuah gereja di Bangui dan menewaskan beberapa orang.

Belum ada laporan mengenai jumlah korban dalam serangan terhadap masjid tersebut. Namun beberapa sakti mata menyebutkan masjid yang terletak di kawasan pemukiman Lakouanga itu dalam keadaan kosong saat diserang.

Kelompok militan Seleka yang muslim kini terlibat konflik sektarian berdarah berkepanjangan melawan kelompok Kristen Anti-Balaka, setelah kelompok Seleka mengkudeta presiden yang berasal dari etnis Kristen.

Jubir masyarakat muslim kota Bangui, Ousmane Abakar, mengatakan kepada kantor berita Associated Press, “Selama 6 bulan kami menjadi korban tindak kekerasan dan penghancuran atas masjid-masjid kami.”

Ia juga mengutuk aksi serangan terhadap Gereja Fatima hari Rabu (28/5), namun ia menegaskan bahwa penduduk muslim di kotanya tidak terkait dengan serangan tersebut.

Serangan atas Gereja Fatima itu menewaskan sekitar 15 orang. Serangan ini terjadi menyusul pertempuran sengit antara milisi Seleka dengan anti-Balaka di kawasan perkampungan muslim yang tersisa, PK5, di Bangui.

Seorang pendeta, Jonas Bekas, mengatakan kepada BBC bahwa tentara penjaga perdamaian Afrika datang terlalu terlambat untuk mencegah pembunuhan dan pengrusakan terhadap Gereja Fatima.

“Saya memanggil tentara Perancis dan Afrika, namun tentara Burundi datang terlalu lama. Semua yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan mayat-mayat dan membawa yang terluka ke rumat sakit,” katanya.

Beberapa hari sebelumnya di Bangui, 3 pamuda muslim dibunuh dan dimutilasi oleh milisi anti-Balaka.

Saat ini terdapat sekitar 7.000 pasukan dari Perancis dan Uni Afrika di Afrika Tengah. Namun kehadidiran mereka tidak cukup efektif untuk menghentikan pertikaian sektarian yang justru semakin meningkat.(ca/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL