BokoHaram2Borno, LiputanIslam.com—Tiga orang tewas terbunuh dalam serangan kelompok militan Boko Haram yang dilancarkan kembali ke sebuah desa di timur laut Nigeria, Minggu (23/2). Pemimpin desa menyatakan seorang pria dan dua wanita tewas dalam serangan tersebut.

Saksi mata melaporkan, kelompok militan ini merusak, menembaki dan melemparkan bom api ke rumah-rumah penduduk yang masih tersisa di desa Izghe, wilayah Borno, menyusul serangan minggu lalu yang menghancurkan desa dan menewaskan 106 penduduk.

Serangan tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 waktu setempat dan memaksa warga yang masih tinggal untuk melarikan diri ke daerah Madagali.

Maina Ularamu, pemimpin daerah Madagali mengatakan kepada AFP, “Tak ada yang tertinggal kecuali puing-puing yang terbakar.”

Izghe berada di wilayah Gwoha, distrik Borno, namun penduduk yang mayoritas muslim  memiliki hubungan dekat dengan warga Madagali karena kesamaan etnis dan hubungan kekerabatan.

Ularamu menyatakan pula, bahwa warga berusia lanjut yang semula bersumpah untuk tidak meninggalkan Izghe kini juga tidak punya pilihan lain selain mengungsi dikarenakan seluruh desa habis terbakar. Setidaknya 10.000 penduduk Izghe dan sekitarnya mengungsi ke Madagali.

Pada Mei 2013, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengumumkan keadaan darurat di tiga wilayah Nigeria meliputi wilayah Borno, Yobe dan Adamawa. Menurut data yang dihimpun PBB, 1.200 orang diperkirakan tewas semenjak keadaan darurat diberlakukan.

Boko Haram yang berarti “pendidikan barat adalah haram” menyatakan bahwa tujuan mereka adalah menggulingkan pemerintahan Nigeria. Kelompok ini mengaku bertanggung jawab terhadap sejumlah serangan mematikan dan peledakan bom di berbagai tempat di Nigeria semenjak tahun 2009.(lb/presstv/news24)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL