milisi shiahBaghdad, LiputanIslam.com — Sekitar 3.000-an milisi Shiah Irak mulai bergerak ke kota Ramadi yang diduduki kelompok teroris ISIS. Mereka telah berhasil menguasai Husayba di sebelah timur Ramadi. Demikian klaim milisi Shiah Irak seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (23/5).

Ramadi, ibukota Provinsi Anbar, provinsi terluas di Irak yang dominan dihuni oleh warga Sunni, hanya berjarak 110 km sebelah barat Baghdad. Minggu lalu kota ini jatuh ke tangan ISIS setelah tentara Irak yang menjaganya melarikan diri setelah diserang oleh kelompok ISIS.

Sekitar 500 orang telah tewas di kota ini dan lebih dari 40.000 orang, atau 1/3 dari total penduduknya, telah meninggalkan kota ini untuk menghindari kekejaman kelompok ISIS.

Para pengamat militer menilai, dengan mental tentara reguler Irak yang lemah, milisi Shiah Irak yang mendapat dukungan Iran, menjadi pilihan satu-satunya pemerintah dan rakyat Irak untuk mengusir ISIS dari wilayah-wilayah yang diduduki. Sejauh ini milisi itu telah berhasil membebaskan kota Tikrit, kota kelahiran Saddam Hussein, dari ISIS.

Namun demikian muncul sejumlah kekhawatiran, bahwa dengan anggota milisi yang mayoritas Shiah, bakal terjadi ketegangan sektarian dengan warga setempat yang Sunni.

Sebenarnya milisi-milisi Shiah itu pernah berada di kota ini beberapa waktu yang lalu untuk menghadapi serangan ISIS, namun ditarik kembali setelah muncul kekhawatiran terjadi konflik sektarian. Terbukti kemudian ketidak beradaan mereka dimanfaatkan dengan baik oleh ISIS yang berhasil mengusir tentara reguler yang mengawal kota itu.

Namun sebagian suku-suku Sunni di Anbar juga terlibat dalam operasi anti-ISIS ini. Pemimpin suku Sunni setempat, Sheikh Rafia Abdelkarim al-Fahdawi, mengatakan kepada AFP bahwa anggotanya terlibat dalam operasi ini sebagaimana juga polisi, pasukan khusus dan tentara reguler.

Jubir kepolisian Irak mengatakan kepada sejumlah wartawan bahwa ISIS telah berhasil diusir dari kota Husayba dan seluruh kota ini kini berada di bawah kontrol pemerintah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL