CAR-ViolenceBangui, LiputanIslam.com — Kelompok milisi Kristen Republik Afrika Tengah mengeluarkan ultimatum kepada para pengungsi Muslim yang berlindung di dalam gereja, untuk pergi atau menghadapi kematian.

Hampir 800 Muslim bersembunyi di sebuah Gereja Katolik di kota barat daya Carnot. Beberapa dari mereka melarikan diri dari desa terpencil Guen setelah milisi Kristen membantai sedikitnya 70 orang awal bulan ini.

Selain mengancam membunuh para pengungsi, milisi juga mengancam akan membakar gereja yang menampung pengungsi-pengungsi tersebut.

Republik Afrika Tengah tengah menghadapi kerusuhan mematikan sejak Desember tahun lalu, ketika milisi Kristen melancarkan serangan-serangan terkoordinasi terhadap sebagian besar orang-orang Muslim Seleka, yang dituduh telah menggulingkan pemerintah pada Maret 2013.

Milisi Kristen telah melakukan aksi-aksi kekerasan terhadap Muslim hingga menelan korban ratusan atau bahkan ribuan nyawa di antara mereka dan memaksa ratusan ribu lainnya meninggalkan kampung halamannya. Di kota Bangui sendiri, yang sebelumnya ada 8 masjid, kini tinggal 1 masjid saja yang masih utuh. Demikian laporan Human Right Watch beberapa waktu lalu.

Prancis mengerahkan 1.600 tentara ke Afrika Tengah Desember 2013 lalu, setelah Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat menyetujui sebuah resolusi yang memberikan Paris dan Uni Afrika lampu hijau untuk mengirim pasukan ke negara yang dilanda perselisihan itu.

Paris mengklaim tujuan misi ini adalah untuk menciptakan stabilitas di negara itu untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan untuk menjangkau daerah-daerah yang dilanda kekerasan. Namun, pengerahan pasukan Uni Perancis dan Uni Afrika tidak berbuat banyak untuk mengakhiri kekerasan yang sedang berlangsung di negara itu .

Ada banyak sumber daya mineral, termasuk emas dan berlian di Republik Afrika Tengah. Namun negara ini terus dilanda kerusuhan sehingga gagal memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya sejak merdeka pada tahun 1960.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL