yahudi ukrainaKiev, LiputanIslam.com — Ketidakstabilan politik di Ukraina telah memaksa sebagian warga yahudi negara itu untuk bermigrasi keluar negeri. Tahun ini diperkirakan angka warga yahudi yang bermigrasi keluar naik hingga 142% dibanding tahun sebelumnya. Demikian laporan Jewish Agency, Minggu (4/5).

Menurut laporan tersebut sebanyak 762 warga yahudi Ukraina telah tiba di Israel sepanjang tahun ini (Januari-April), jauh dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya tercatat sebanyak 315 orang.

Ketika krisis semakin parah di Ukraina, jumlah imigran yahudi Ukraina naik tajam di buan Maret dan April, dan diperkirakan angkanya akan semakin besar dalam bulan-bulan mendatang, demikian keterangan jubir Jewish Agency.

“Jumlah individu yang secara formal telah memulai proses imigrasi naik bahkan lebih dramatis lagi. Demikian juga warga yahudi yang mulai meminta informasi tentang proses imigrasi ke Israel,” kata jubir tersebut.

Pada bulan Februari Jewish Agency menyebutkan telah mengirimkan sejumlah dana untuk membantu keamanan 200.000 warga keturunan yahudi yang tinggal di Ukraina, termasuk membeli alat-alat pengawasan dan pengamatan.(ca/russia today)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL