samsung-apple.gi.topSan Francisco, LiputanIslam.com — Microsoft akhirnya mengumumkan ke publik spesifikasi produk operating system terbarunya, Windows 10.

Menyandang nama baru yang merupakan lompatan dari seri sebelumnya, Windows 8, Windows 10 bisa digunakan di berbagai jenis perangkat, tablet, smartphone, PC, hingga game dengan segala aplikasinya yang dijual melalui satu jaringan toko. Demikian laporan BBC News dari San Francisco, Rabu (1/10).

Yang paling menarik dari produk baru ini tentu saja adalah kembalinya menu “Start” yang dihilangkan dalam versi Windows 8. Selain menawarkan sejumlah aplikasi favorit konsumen, menu “Start” dalam Windows 10 juga menampilkan “tile-tile” yang cukup besar dan antar-muka layar sentuh sebagaimana pada Windows 8.

Hal ini memungkinkan tampilan aplikasi-aplikasi yang lebih cepat, seperti email-email baru, Facebook dan ramalan cuaca terbaru.

Microsoft menyebutkan, sistem operasi baru ini dimaksudkan untuk mengakomodasi para pengguna Windows 7 dan Windows 8 sekaligus.

Windows 8 banyak dikritik konsumen karena dianggap terlalu berbeda dengan versi-versi sebelumnya, terutama dengan penghilangan menu “Start”. Hal inilah yang membuat produk ini kurang diminati publik.

Menurut penelitian NetMarketshare, dari seluruh penggunaan PC di dunia, hanya 13,4% yang menggunakan Windows 8. Jumlah ini jauh lebih kecil dari pengguna Windows 7 yang mencapai 51.2%. Bahkan dibandingkan pengguna Windows XP yang tidak lagi didukung oleh Microsoft pun pengguna Windows 8 masih kalah jauh.

COE Microsoft Satya Nadella tidak memberikan keterangan dalam konperensi pers di San Francicso itu. Namun dari beberapa keterangan sebelumnya ia menyebutkan keinginannya untuk menyatukan sistem-sistem operasi Windows.

Para pengguna komputer biasanya menunggu selama setahun setelah sebuah sistem operasi baru diterbitkan, sebelum menawarkannya kepada para pegawai untuk memberi kesempatan staff IT membiasakan diri dengan teknologi baru.

Namun, meski Windows 8 telah dirilis 2 tahun yang lalu, penggunaan produk ini relatif masih rendah.

“Windows 8 hanya ditawarkan kepada para staff oleh satu dari 5 perusahaan. Windows 7 secara de facto masih menjadi standar perusahaan-perusahaan pengguna komputer,” kata seorang pengamat IT kepada BBC.

Microsoft menyebutkan bahwa Windows 10 akan digunakan di perangkat dengan ukuran layar 4 inchi (10.2 cm) hingga 80 inchi.

“Menut “Start” mungkin adalah hal terpenting yang akan membuat pengguna terbiasa, dan membantu mengurangi penolakan,” tambah pengamat tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL