wanted guzmanMexico City, LiputanIslam.com — Pemerintah Mexico menawarkan hadiah $3,8 atau lebih dari Rp40 miliar bagi informasi keberadaan gembong narkoba Joaquin “El Chapo” Guzman yang melarikan diri dari penjara berpengamanan super ketat pada hari Sabtu malam.

“Tidak akan ada waktu istirahat bagi penjahat ini,” kata Mendagri Miguel Angel Osorio Chong dalam konperensi pers tentang pemberian hadiah ini, hari Senin. Ia berjanji otoritas Mexico tidak akan pernah berhenti mengejar Guzman hingga ditemukan.

Guzman melarikan diri dari penjara Altiplano, meski ia mengenakan peralatan elektronik yang memantau keberadaannya setiap saat. Selain itu ia juga dipantau 24 jam dengan kamera CCTV. Ia melarikan diri melalui terowongan yang telah dipersiapkan dengan baik dengan dilengkapi penerangan, ventilator dan tangga.

Pemerintah telah memecat dan menahan sejumlah pejabat penjara yang dianggap bertanggungjawab atas pelarian ini, termasuk direktur penjara Altiplano.

“Apa yang terjadi 2 hari yang lalu (pelarian Guzman) adalah peristiwa yang menyakitkan yang membuat marah warga Mexico,” tambah Chong seperti dilansir Press TV.

Keamanan telah ditingkatkan di seluruh penjuru Mexico menyusul pelarian ini. Penerbangan dari Bandara Toluca telah dibatalkan dan sejumlah pos pemeriksaan didirikan di sana.

Negara tetangga yang berbatasan dengan Mexico, Guatemala juga meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan untuk mencegah Guzman menyusup keluar Mexico. Pada tahun 1993 Guzman ditangkap di negara itu.

Ini adalah pelarian kedua Guzman. Pada tahun 2001 ia berhasil melarikan diri setelah menyuap petugas keamanan dengan bersembunyi di dalam kotak pakaian penjara Jalisco. Pada bulan Februari 2014 ia ditangkap lagi oleh pasukan marinir di sebuah kondominium di Mazatlan, Negara Bagian Sinaloa.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL