turki-pecatAnkara, LiputanIslam.com—Turki dilaporkan memecat 28,000 guru dan menskors 9,500 lainnya yang diduga mempunyai hubungan dengan kelompok teroris setelah kudeta pada bulan Juli lalu.

“Sebagai bagian dari perlawanan kami terhadap terorisme, langkah-langkah penting telah dilakukan yaitu dengan memecat para guru dan warga sipil lainnya yang diduga punya hubungan dengan organisasi teroris,” kata Perdana Menteri Turki, Nurettin Canikli, pada Senin (19/9/16).

Ia menambahkan 455 guru yang sebelumnya diskors telah dikembalikan ke pekerjaannya semula setelah dinyatakan tak bersalah.

“Tahun ajaran baru saat ini akan mengalami kekacauan akibat kekurangan guru hingga 40,000 sampai 50,000 orang dan tidak ada persiapan dari Kementerian Pendidikan,” kata Ketua Persatuan Guru Istanbul, Huseyin Ozev.

Dalam beberpa minggu terakhir, guru-guru dari seluruh negeri, terutama dari kawasan Kurdi Utara, dituduh mempunyai link dengan Partai Buruh Kurdistan (PKK) yang dianggap sebagai organisasi teroris. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL