pikiran rakyat

foto: komunikece.tumblr.com

Bandung, LiputanIslam.com–Meski kantor redaksi koran terbesar di Jawa Barat, Pikiran Rakyat (PR),  ludes terbakar, namun koran ini tetap terbit pada Senin (6/10).  Kantor PR di Jalan Soekarno Hatta 147 Bandung, diketahui terbakar pada pukul 05.00 WIB hari Sabtu  (4/10). Petugas pemadam kebakaran yang baru datang sekitar pukul 06.00 WIB tidak mampu menyelamatkan gedung dua lantai itu.

Dalam berita utama PR hari Senin, dengan judul “Kami Tetap Hadir Melayani”, disebutkan bahwa kerugian tak ternilai yang dialami PR adalah musnahnya arsip-arsip dalam bentuk dokumen maupun foto yang disimpan selama 48 tahun perjalanan PR. Di antara harta tak ternilai itu adalah  foto dan dokumen tentang Konferensi Asia Afrika. Selain itu, arsip koran sejak dekade 1960. Total kerugian materil ditaksir milyaran rupiah.

Pemimpin Redaksi, Islaminur Pempasa, dalam tulisannya yang berjudul “Api Penyulut Semangat” menceritakan bahwa di saat petugas pemadam kebakaran masih berusaha menjinakkan api, wartawan, karyawan, manajemen telah berkumpul di ruangan yang luput dari api, untuk membicarakan langkah selanjutnya.

“Tak ada seorangpun yang tak terpukul tatkala menyaksikan ruang kerja tinggal puing. Meskipun demikian kami bertekad untuk memilih satu opsi: Pikiran Rakyat Harus Tetap Terbit!” tulis Islaminur.

Hingga kini penyebab kebakaran masih belum diketahui. Namun diduga, api berasal dari hubungan pendek arus listrik di ruangan redaksi. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL