Menlu Mesir dan Wapres Irak

Menlu Mesir dan Wapres Irak

Kairo, LiputanIslam.com–Presiden Mesir, Abdel-Fattah el-Sissi, menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung perang melawan ekstrimisme Islam. Menurutnya, Islam sesungguhnya adalah agama damai namun sejak 2-3 dekade terakhir semakin dikaitkan dengan kekerasan ekstrim.

Pernyataan ini disampaikan El-Sissi dalam World Economic Forum di Davos (22/1).

“Darah yang ditumpahkan teroris di Mesir, Irak, Suriah, Libya Nigeria, Mali, Kanada, Perancis atau Lebanon memiliki warna yang sama. Karena itu kita harus memobilisasi upaya kita untuk ancaman ini, dimanapun berada,” kata El Sissi.

Sebelumnya, pemerintah Mesir telah memberikan bantuannya kepada Irak yang saat ini tengah menghadapi ancaman serius ISIS.  Selain itu, pemerintah Mesir diberitakan telah membebaskan hutang Irak dan diganti dengan minyak.

Seperti diberitakan Al-Monitor, pembicaraan kedua negara dilakukan dalam kunjungan PM Irak, Haider al-Abadi ke Kairo pada 11 Januari.

Menurut pejabat Mesir yang tidak disebutkan namanya, “Membantu Irak hari ini bukan lagi pilihan, tetapi sebuah kebutuhan, karena teroris mengancam kedua negara dan wilayah Arab, serta minimnya keberhasilan yang dicapai oleh pasukan koalisi internasional melawan ISIS. (fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*