china aircraftBeijing, LiputanIslam.com — Hanya beberapa hari setelah terjadinya insiden penerobosan kapal perang AS di wilayah yang diklaim Cina di Laut Cina Selatan, Cina menggelar latihan perang di lokasi yang berdekatan. Demikian kantor berita China Daily melaporkan, Senin (2/11).

Dalam latihan itu pesawat-pesawat tempur Cina mendarat dan lepas landas dari landasan terbang yang dibangun di pulau karang Laut Cina Selatan. Cina telah membangun sejumlah fasilitas di tujuh pulau karang yang berada Laut Cina Selatan, dan mengklaim wilayah sejauh 12 km dari lepas pantai pulau-pulau tersebut sebagai wilayah kedaulatan Cina.

Sebagai bentuk penolakan atas klaim itu pada hari Selasa minggu lalu (27/10), AS mengirim kapal perang USS Lassen yang berlayar melintasi wilayah yang diklaim Cina itu di Kepulauan Spratly.

Sebagai bentuk reaksi atas aksi tersebut Cina menggelar latihan militer di kawasan yang sama. Pada hari Sabtu (31/10) AL Cina merilis foto-foto yang menunjukkan pesawat-pesawat tempur Cina yang tinggal landas dari pangkalan udara yang dibangun di atas pulau karang di Laut Cina Selatan.

Menurut sejumlah pakar militer, sebagaimana dilaporkan Reuters, pangkalan udara tersebut terletak di Pulau Woody di gugusan Kepulauan Paracels yang terletak 300 km di lepas pantai Hainan dan sekitar 600 dari Kepulauan Spratly.

“Baik Kemenhan maupaun Kemenlu Cina telah mengatakan bahwa Cina akan bereaksi jika wilayahnya dilanggar. Pernyataan itu harus didukung oleh tindakan nyata,” kata Jendral Purnawirawan Xu Guangyu kepada South China Morning Post terkait dengan isyu tersebut.

Menurut Xu Guangyu, ini adalah respon yang minimal yang dilakukan oleh Cina terhadap AS.

Sementara itu Kemenhan AS mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan misi-misi sejenis di wilayah yang diklaim Cina itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL