Jokowi Panen Perdana di Merauke

Presiden Jokowi Panen Perdana di Merauke

Jayapura, LiputanIslam.com–Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, pantas sumbringah. Merauke kini menjadi penyuplai beras bagi PNS Pemprov Papua. Padahal selama ini persediaan beras bagi PNS dan TNI/Polri didatangkan dari Pulau Jawa.

“Kami bangga kepada bapak gubernur karena mengangkat komoditi lokal Merauke di bidang pertanian, disamping Merauke juga kaya akan perikanan dan kelautan,” kata Romanus.

Sebanyak 1.000 ton beras dari Kabupaten Merauke dengan menggunakan KM Oriental Emerald, Senin pagi (13/7) tadi tiba di Pelabuhan Laut Jayapura. Kepala Bulog Divisi Regional, Papua, Arief Mandu saat acara penerimaan pengiriman perdana beras hasil Kabupaten Merauke itu, menjelaskan bahwa upaya peningkatan produksi beras Merauke dicanangkan pada 15 November 2014 oleh Gubernur Papua Lukas Enembe. Saat itu Lukas mendorong agar produksi beras lokal dari Merauke dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Papua sehingga tidak lagi mendatangkan dari luar Papua.

Saat ini ada 7.000 ton yang disiapkan oleh Dolog Papua, dengan tujuan Jayapura untuk kebutuhan pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten/Kota Jayapura dan Keerom sebanyak 2.000 ton. Sedangnkan sisa 1.000 ton sedang dalam persiapan. Pengiriman perdana tersebut sejalan dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur, yakni Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera.

Pada 10 Mei 2015, Presiden Jokowi berkunjung ke “Kota Rusa” ini untuk menetapkan Merauke sebagai kawasan otonomi khusus ketahanan pangan seluas 1,2 juta hektare yang akan dikerjakan dalam jangka waktu tiga tahun. Diharapkan ke depan Papua dapat menyediakan kebutuhan beras bagi kawasan Indonesia Timur dan ekspor beras ke negara tetangga Papua Nugini.

Saat ini stok beras di Gudang Dolog per 9 Juli sebanyak 15.533 ton, yang tahan untuk stok 9 bulan ke depan.

“Kami berharap kebutuhan beras untuk Papua tahun mendatang bisa melebihi 5.000 ton,” tegas Romanus, seperti dikutip sinarharapan.co.

Sementara itu Gubernur Papua Lukas Enembe berharap di masa mendatang Merauke tidak hanya mensuplai beras ke Kota/Kabupaten Jayapura dan Keerom, tetapi juga mengirimkan ke Pegunungan. “Akses transportasi yang sulit, di masa depan diharapkan bisa lebih baik, baik dari Merauke maupun dibawa sampai ke Sorong yang selanjutnya bisa ke Jayapura.” (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL