RS Indonesia di Gaza 1.5Jakarta, LiputanIslam.com–MER-C (Medical Emergency Rescue Committe) memberangkatkan 15 orang relawan Indonesia ke Gaza untuk menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Indonesia (RS Indonesia). Mereka direncanakan akan bertugas di Gaza hingga Desember 2014.

MER-C selama ini telah merintis pembangunan RS Indonesia di Gaza, Palestina dengan biaya dari sumbangan rakyat Indonesia.

Dr. Joserizal Jurnalis, dalam wawancaranya dengan Liputan Islam.com mengatakan,

RS ini dirancang oleh divisi teknik dan konstruksi kita. Awalnya, pembangunan RS Indonesia kita tenderkan untuk membuat pondasi pada sebuah perusahaan di Gaza. Tapi pada tahap kedua, tahap mechanical-electric-architecture, relawan kita yang mengerjakan. Jadi, semuanya dari Indonesia; benar-benar RS Indonesia, dana pure dari Indonesia (dana dari rakyat Indonesia), dan mayoritas tenaga kerja adalah orang Indonesia (terlebih pada tahap kedua ini).

Bangunan RS Indonesia berbentuk persegi 8 yang dilapisi marmer bernuansa merah putih. Meski bangunan sudah selesai, namun RS ini belum dapat berfungsi karena belum memiliki alat kesehatannya. Untuk pengadaan alkes ini, masih dibutuhkan dana sebesar Rp 65 Milyar. Dalam rangka mengawal pengadaan alat kesehatan RS Indonesia, MER-C mengirimkan Tim Relawannya ke Gaza dengan dipimpin oleh Ir. Edy Wahyudi juga bertugas untuk menuntaskan pembangunan Wisma Rakyat Indonesia (Indonesia Guest House) dan renovasi masjid yang keduanya terletak di kawasan kompleks RS Indonesia.

Tim relawan yang berjumlah 15 orang dari Divisi Konstruksi MER-C ini berangkat hari Sabtu pagi (28/6) pukul 09.00 wib dengan menggunakan maskapai Malaysia Airlines. Tim dijadwalkan tiba di Kairo, Minggu (29/6) pukul 04.55 pagi waktu setempat. Setibanya di Kairo, tim rencananya akan langsung menuju perbatasan Rafah untuk masuk ke Gaza. (baca: Wawancara dengan Relawan Indonesia di Gaza)

Sementara itu dalam sebulan terakhir ini, telah terjadi beberapa kali serangan Israel ke wilayah Gaza. Serangan-serangan ini tidak hanya menimbulkan kerusakan bangunan tapi juga korban jiwa warga Gaza.

Donasi untuk Alat Kesehatan & Interior RS Indonesia dapat disalurkan melalui:
•BNI SYARIAH, 08.111.929.73
•BCA, 686.0153678
•BSM, 700.1352.061
•BRI, 033.501.0007.60308
•BMI, 301.00521.15
•Mandiri, 124.0008111925  An. Medical Emergency Rescue Committee. (dw/divisihumasMer-C)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL