menteri olahraga carBangui, LiputanIslam.com — Para penculik membebaskan Menteri Olahraga Republik Afrika Tengah (CAR) Armel Mingatoloum Sayo, Selasa (10/2) malam. Ia diculik oleh kelompok bersenjata 2 minggu lalu, di tengah konflik sosial yang melanda negara itu.

Keluarga Sayo membenarkan pembebasan tersebut, Rabu (11/2), namun menolak memberikan keterangan lebih mendalam tentang pembebasan tersebut. Demikian seperti dilaporkan Press TV.

Sayo dan istrinya diculik pada tanggal 25 Januari lalu saat pulang dari gereja di kawasan Galabadja di ibukota Bangui. Para penculik diduga kuat anggota kelompok ekstremis Kristen Anti-Balaka, mencegat mobil Sayo dan kemudian membawanya pergi dengan taksi gelap.

Para penyelidik HAM PBB telah menyatakan keprihatinannya dengan kondisi keamanan di CAR dan menyerukan dilakukannya pengadilan HAM atas berbagai tindak pelanggaran HAM yang terjadi di negara itu.

Pada tanggal 21 Januari, Fatimata M’Baye dan Philip Alston dari Komisi Penyidik Internasional di CAR, menyerukan dibentuknya panel internasional untuk menundut para pelaku kejahatan kemanusiaan.

CAR dilanda kerusuhan sektarian sejaka tahun 2013 lalu setelah kelompok militan Muslim Seleka mengambil alih kekuasaan dari pemerintahan yang dipimpin oleh pemimpin Kristen. Kerusuhan sektarian pun pecah setelah orang-orang Kristen militan membentuk milisi Anti-Balaka yang membunuhi warga Muslim di negeri itu.

Sebuah upaya perdamaian dilakukan dengan membentuk pemerintahan sementara yang dipimpin oleh Catherine Samba Panza pada bulan Agustus 2014 lalu. Pemerintahan ini melibatkan semua kelompok yang bertikai, termasuk kelompok Seleka dan anti-balaka.

Organisasi pengungsi PBB UNHCR mengatakan, hampir satu juta orang terpaksa harus menjadi pengungsi akibat konflik tersebut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL