Dampak dari insiden pelecehan diplomat wanita India oleh petugas bandara Amerika beberapa waktu lalu masih belum hilang sampai sekarang.

ERNEST MONIZ

ERNEST MONIZ

Menteri Energi Amerika, Ernest Moniz pun membatalkan rencana kunjungannya ke India minggu depan setelah hubungan diplomatik kedua negara mengalami ketegangan akibat insiden tersebut.

“Saya bisa pastikan bahwa Menteri Energi Ernest Moniz tidak akan pergi ke India minggu depan,” kata seorang pejabat kementrian energi Amerika kepada awak “Reuters” hari Rabu lalu (8/1).

“Kami telah berdiskusi dengan para pejabat India dan kami setuju untuk melakukan dialog dalam waktu dekat mendatang pada hari yang tepat,” tambah pejabat tersebut.

Hubungan diplomatik Amerika dan India mengalami ketegangan setelah insiden yang terjadi bulan Desember, ketika seorang diplomat wanita India Devyani Khobragade ditangkap petugas bandara New York karena tuduhan penyalah-gunaan visa. Meski berstatus diplomat dan memiliki kekebalan hukum, Khobragade tetap mengalami pelecehan di tempat penahanan yang menyulut kemarahan pemerintah India. Namun pemerintah Amerika tetap menolak untuk meminta ma’af atas insiden tersebut meski telah mendapatkan protes keras dari India.

Sebagai balasan atas insiden tersebut pemerintah India memerintahkan pembongkaran barikade beton yang menjadi pelindung kantor kedubes Amerika di New Dehli yang selama ini digunakan untuk mencegah serangan terorisme. Pemerintah India juga mengurangi hak-hak istimewa yang selama ini dinikmati para diplomat Amerika dan keluarga mereka di India.

Pengumuman kementrian energi Amerika hari Rabu (8/1) menyusul setelah India meminta kedubes Amerika di New Delhi untuk menghentikan kegiatan bisnis di fasilitas-fasilitas kedubes Amerika.

Ketegangan diplomatik ini diduga ada kaitannya dengan beberapa isu dan peristiwa sebelumnya seperti adanya monitoring ketat yang dilakukan National Security Agency (NSA) terhadap para diplomat India di Amerika dalam beberapa bulan terakhir, serta ketegangan pada pertemuan WTO di Bali baru-baru ini dimana delegasi India menarik diri dari pertemuan setelah berselisih pendapat dengan Amerika.(CA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL