menlu tukiMunich, LiputanIslam.com — Menlu Turki Mevlut Cavusoglu menarik diri dari acara konperensi internasional keamanan di Munich, Jerman, Jumat lalu. Penyebabnya adalah karena di acara tersebut hadir delegasi dari Israel.

“Saya akan hadir dalam konperensi itu namun kami memutuskan untuk menarik diri setelah mereka (organiser) menambahkan para delegasi Israel pada menit-menit akhir,” kata Menlu Turki dalam konperensi pers setelah konperensi itu seperti dilaporkan Press TV.

Namun ia menolak mengaitkan sikapnya itu dengan hubungan Turki dengan Jerman.

Langkah tersebut tentu saja membuat delegasi Israel meradang. Kepala delegasi Israel Yuval Steinitz, yang juga menjabat sebagai menteri hubungan strategis mengatakan bahwa langkah Turki itu telah “membuat buram” masa depan dan karakter Turki.

Turki menurunkan hubungan bilateralnya dengan Isreal setelah terjadi serangan atas kapal Mavi Marmara yang menewaskan 9 warga Turki di lepas pantai Gaza tahun 2010 lalu. Turki pun menarik dubesnya dan menuntut Israel meminta ma’af dan membayar kompensasi. Hal ini telah dipenuhi Israel, namun setelah beberapa tahun kemudian dan hubungan keduanya tidak lagi pulih sepenuhnya.

Tragedi Marmara juga membuat para pejabat Turki semakin “galak” dalam membela perjuangan Palestina. Pertengahan tahun lalu, ketika Israel menyerang Gaza, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut Israel sebagai barbar yang lebih kejam dari Hitler.

Konperensi Keamanan Munich merupakan salah satu even internasional terbesar yang telah berlangsung secara rutin sejak tahun 1963.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL