Selahattin DemirtasMoskow, LiputanIslam.com — Menlu Rusia Sergey Lavrov direncanakan akan bertemu dengan pemimpin oposisi Turki dari partai Peoples’ Democratic Party (HDP), Selahattin Demirtas, minggu ini. Demikian laporan kantor berita Rusia mengutip sumber dari Kemenlu Rusia.

“Pertemuan itu memang telah direncanakan,” tulis RIA Novosti, mengutip pernyataan sumber yang tidak disebutkan identitasnya itu.

Sebelumnya, Demirtas yang partainya memperjuangkan hak-hak warga Kurdi Turki, mengatakan kepada media Turki bahwa ia akan bertemu Lavrov pada hari Kamis ini (24/12).

Demirtas menambahkan bahwa dalam pertemuan itu ia akan membicarakan ‘perkembangan ketegangan Turki dan Rusia.”

“Banyak orang, banyak pengusaha dan pelajar yang terpengaruh oleh ketegangan ini. Turki tidak melakukan apapun untuk meningkatkan ketegangan. Presiden (Recep Tayyip Erdogan) telah menutup semua pintu. Kami efektif dan akan menggunakan seluruh kekuatan (untuk memulihkan keadaan),” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa HDP akan membuka kantor di Moscow.

HDP relatif baru di dunia politik Turki. Didirikan tahun 2012 sebagai sayap politik beberapa kelompok ‘kiri’ dan orang-orang Kurdi. Erdogan menuduh partai itu sebagai kepanjangan tangan kelompok Kurdistan Workers’ Party (PKK), yang telah terlibat perang dengan Turki sejak tahun 1984 untuk memerdekaan orang-orang Kurdi.

Dalam kampanye anti-Kurdi yang digelar pemerintahan Erdogan akhir-akhir ini HDP mengecam keras otoritas Turki yang dianggap melakukan tindakan-tindakan kekerasan kepada warga Kurdi, yang mencakup 10% warga Turki.

HDP sendiri telah mengalami banyak aksi kekerasan. Yang paling besar adalah serangan bom di Ankara bulan Oktober lalu yang menewaskan puluhan orang, terbanyak adalah pendukung dan kader-kader HDP. Pemerintah mengklaim aksi itu dilakukan oleh kelompok ISI, namun HDP menuduh pemerintahlah yang telah melakukan aksi biadab itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL