Ottawa,LiputanIslam.com—Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland,  menyambut sanksi AS terhadap 17 pejabat Saudi akibat keterlibatan mereka dalam pembunuhan seorang jurnalis terkemuka Saudi, Jamal Khashoggi, dan mengatakan Kanada sedang mempertimbangkan tindakan serupa.

“Kanada menyambut baik tindakan AS,” Freeland mengatakan kepada wartawan pada Kamis (15/11) usai melakukan kunjungan di Kota Port Colborne, Ontario. Ia menambahkan bahwa Kanada akan “secara aktif mempertimbangkan” sanksi serupa dalam beberapa hari mendatang.

Khashoggi dibunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober, dan Departemen Keuangan AS pada Kamis mengumumkan sanksi yang menargetkan warga negara Saudi, bukan pemerintah Riyadh. Sanksi membatasi akses ke sistem keuangan AS dan membekukan aset individu.

Freeland mengatakan Kanada sedang mempertimbangkan sanksi serupa yang diterapkan di bawah Undang-Undang Akuntabilitas Hak Asasi Manusia Magnitsky Global, yang menargetkan para pelaku pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi yang serius.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah berjanji akan ada “konsekuensi” atas pembunuhan itu, dan dia mengatakan Ottawa sedang meninjau izin ekspor ke Arab Saudi.

Para pengkritik oposisi dan kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa jika Trudeau serius dalam membela hak asasi manusia, ia harus membatalkan kontrak senilai 13 miliar dolar untuk kendaraan lapis baja yang dibangun di Kanada oleh General Dynamics yang berbasis di AS.(fd/memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*