menlu kanadaOttawa, LiputanIslam.com — Menlu Kanada John Baird, Selasa (3/2), menyatakan akan mengundurkan diri dari kabinet dan tidak akan mencalonkan diri pada pemilihan umum Oktober mendatang.

“Kemarin saya sudah berbicara dengan PM Stephen Harper tentang pengunduran diri saya dari kabinet dalam beberapa pekan ke depan dan saya tidak akan mencalonkan diri dalam pemilu berikutnya,” kata Baird kepada parlemen seperti dikutip AFP.

Mundurnya Baird, salah satu orang kepercayaan PM Stephen Harper setelah 20 tahun berkancah di dunia politik dan telah menjabat 10 posisi menteri baik di tingkat federal maupun Provinsi Ontario, menjadi pukulan hebat untuk Harper.

Hal itu terjadi karena PM Kanada tersebut akan memulai kampanye pemilu agar dapat memerintah untuk keempat kalinya. Menteri Keuangan Jim Flaherty adalah yang pertama mengundurkan diri pada tahun lalu.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Associated Press tidak ada alasan istimewa tentang pengunduran diri itu.

“Ia hanya memutuskan inilah saatnya untuk mundur,” kata pejabat itu.

“Menteri ini berusaha membuat catatan baru setelah 20 tahun menjadi pejabat publik, dan seperti orang lainnya yang bekerja di bidang yang sama, berusaha mencari kesempatan lain pada saat usianya masih muda 45 tahun,” tambahnya.

Menteri Perdagangan Internasional Ed Fast disebut-sebut bakal menggantikan kedudukannya sebagai Menlu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL